|    dtks@kemsos.go.id

Workshop Teknis Pengelolaan DTKS di Kabupaten Sukoharjo

  • Workshop Teknis Pengelolaan DTKS di Kabupaten Sukoharjo
  • 3
  • 2
  • 4
  • 5
  • 6

Sukoharjo, 14 Februari 2022, Kepala Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos) Prof.Dr. Agus Zainal Arifin menghadiri kegiatan Workshop Teknis Pengelolaan DTKS yang dilaksanakan di Auditorium Wijaya Utama Gedung Menara lantai 10 yang diikuti oleh Petugas Operator Data di Desa dan Kelurahan se-Kab Sukoharjo sejumlah 167 orang, Petugas Operator data kecamatan sejumlah 12 orang dan Pendamping Program Keluarga Harapan, TKSK sejumlah 113 orang dan IPSM yang mengikuti secara daring dari tempat masing-masing.

.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bupati Sukoharjo, Hj. Etik Suryani, SE.,MM. Dalam sambutannya, Bupati Sukoharjo berharap agar para petugas operator data serius untuk melakukan verifikasi dan validasi data agar data penerima bansos lebih tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan. Serta berharap agar para Camat, Lurah dan Kepala Desa dapat mendukung secara penuh pengelolaan DTKS ini antara lain dengan melakukan pendampingan kepada petugas operator Desa/ Kelurahan di wilayah masing-masing. Selain itu, Bupati juga menekankan pentingnya sinergitas/kerjasama Dinsos, Dukcapil dan OPD terkait dalam proses perbaikan DTKS.

.

Lalu dilanjutkan materi dari Kepala Pusdatin Kesos yang menjelaskan tentang Kebijakan Pengelolaan DTKS saat ini. Dalam materinya Kapusdatin menekankan beberapa point penting terkait: (1) Perbaikan DTKS dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui aplikasi SIKS-NG Online; (2) Pada setiap proses perbaikan DTKS baik usulan baru dan verifikasi kelayakan BNBA harus ada pengesahan dari Kepala Daerah; (3) Pemda dapat melakukan verifikasi kelayakan BNBA agar penerima bansos tepat sasaran; (4) Aplikasi cek bansos bisa digunakan oleh masyarakat untuk memberikan tanggapan kelayakan penerima bansos dan mengusulkan seseorang (fakir miskin) untuk mendapat bansos, yang selanjutnya akan diverifikasi Dinsos untuk ditindaklanjuti.

.

Workshop teknis pengelolaan DTKS ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan petugas operator data di desa/kelurahan dan kecamatan serta pendamping PKH, TKSK dan IPSM di Kabupaten Sukoharjo agar data semakin menjadi baik dan valid, sehingga bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran dan dapat dipertanggung jawabkan.



Penulis :
Admin

Bagikan :