|    dtks@kemsos.go.id
Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial (BST, BPNT, PKH)*  
captcha
Daftar Ruta DTKS
*halaman ini hanya memberikan info penerima BST, BPNT, PKH, bukan untuk pendaftaran bansos

Webinar Pengembangan Sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

  • Webinar Pengembangan Sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial
  • 2
  • 3
  • 5
  • 4
Jumat, 28 Agustus 2020. Kepala Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos) hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Webinar Pengembangan Sistem Data Terpadu bersama narasumber lainnya yaitu Dirjen Pemberdayaan Sosial, Dirjen Rehabilitasi Sosial yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Rehabiltasi Sosial, Kepala Biro Perencanaan yang diwakili oleh Kepala Bagian Analisis Rencana Strategis. Dihadiri juga oleh Kepala Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial sebagai keynote speaker pada kegiatan webinar ini.

Pada Pembukaan webinar, Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesos Regional I Sumatera berkesempatan menyampaikan laporan sebagai penyelenggara Webinar Pengembangan Sistem Data Terpadu. Dalam laporan tersebut disampaikan tujuan dari webinar ini adalah untuk menyamakan persepsi bahwa sebuah kebutuhan peningkatan kompetensi harus diawali dengan data yang akurat. Hal ini berdasarkan adanya sebuah kebutuhan untuk Diklat bagi para SDM penyelenggara kesejahteraan sosial baik itu SDM berasal dari ASN maupun Diklat dari unsur masyarakat seperti TKS, Pensosmas maupun relawan sosial lainnya. Kebutuhan diklat ini menjadi baseline program perencanaan yang akan disinergikan datanya dengan Pusdatin sebagai walidata. Data yang diintegrasikan merupakan data PSKS yang mendukung dalam proses pembangunan kesejahteraan Sosial.

Selaku penyelenggara diklat di Regional I Sumatera memandang penting ketersediaan data para penyelenggara kesejahteraan sosial yang kemudian akan dibuat sebuah sistem data terpadu dalam mewujudkan kompetensi SDM yang disingkat SIDADU tentunya melalui konsultasi dengan Pusdatin Kesos sehingga data ini bisa dimanfaatkan dan koordinasi dengan Dirjen Dayasos mengenai unsur-unsur atau pilar-pilar SDM pembangunan kesejahteraan sosial yang menjadi binaannya.

Dalam paparannya, Kepala Pusdatin menyampaikan bahwa dalam Permensos No.5 Tahun 2019 menjelaskan bahwa didalam DTKS mencakup 3 komponen data yaitu Data Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Data Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial dan Data Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). 

“Saat ini Pusdatin sedang mengembangkan SIKS-NG modul PPKS non Ruta dan modul PSKS. Direncanakan tahun ini akan selesai. PSKS yang ditargetkan dalam modul tersebut berisi PSKS perseorangan, PSKS Keluarga dan PSKS Lembaga. Semua akan dikelola terkait datanya dan kegiatan yang dilakukan oleh PSKS tersebut,” jelasnya.

Selain itu, dijelaskan juga mengenai aliran data PSKS dan PPKS dimana data yang sudah terekam kedalam SIKS-NG Modul PSKS inilah nanti akan terkoneksi dengan SIDADU yang bisa digunakan untuk keperluan pengembangan kapasitas sesuai dengan kebutuhan SDM yang ada.

Kegiatan webinar ini diikuti oleh 500 orang peserta melalui via video conferne Aplikasi Zoom dan ditayangkan secara live di kanal Youtube pada link https://www.youtube.com/watch?v=otib0nyDFdo

#Kemensos #KemsosRI #PusdatinKesos #KemensosHadir


Penulis :
Admin

Bagikan :