|    dtks@kemsos.go.id
Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial (BST, BPNT, PKH)*  
captcha
Daftar Ruta DTKS
*halaman ini hanya memberikan info penerima BST, BPNT, PKH, bukan untuk pendaftaran bansos

Sosialisasi Kegiatan Monitoring Kualitas DTKS Tahun 2020

Sosialisasi Kegiatan Monitoring Kualitas DTKS Tahun 2020
24 September 2020 - Pusdatin Kesos menyelenggarakan Sosialisasi Kegiatan Monitoring Kualitas DTKS Tahun 2020 melalui video conference pada tanggal 12 September 2020. Dengan peserta terdiri dari Para Kepala Dinas Dukcapil Kab/Kota, Para Kepala Dinas Sosial Provinsi dan Kab/Kota, Para Koordinator Provinsi dan Koordinator Kab/Kota pelaksana kegiatan Monitoring Kualitas DTKS Tahun 2020 dari 10 Provinsi dan 128 Kab/Kota. Hadir sebagai narasumber Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial serta Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan mewakili Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri. Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kepala Pusdatin Kesos.

Dalam Paparannya, Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Hartono Laras menjelaskan bahwa kegiatan Monitoring Kualitas DTKS pada intinya adalah upaya Pemadanan DTKS dengan Data NIK Dukcapil dan merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas data dan terkait dengan ketepatan status penerima bantuan. DTKS sendiri merupakan hasil proses pendataan oleh pemerintah daerah dan prosedur verifikasi validasi (verivali) secara berkala.

Proses pemadanan ini telah mendapatkan dukungan penuh dari Dirjen Dukcapil Kementerian dalam Negeri, dan  proses pemadanan data berdasarkan NIK pada DTKS dari Kemensos sebanyak 97.338.064 jiwa, hasilnya sampai bulan Agustus 2020 telah mencapai 82,52%.

Target dari Kementerian sosial untuk pemadanan DTKS dengan data NIK di Dukcapil diharapkan selesai 100% pada tahun 2020 ini. Sejalan dengan itu maka saat ini akan dilakukan pemadanan DTKS dengan NIK Dukcapil di 10 Provinsi pada 128 Kabupaten melalui proses pemeriksaan data resmi kependudukan di Kantor Desa/Kelurahan sebanyak 12.628.782 individu pada Keluarga Penerima Manfaat Program bantuan sosial.  Tentunya hasil dari pemeriksaan ini akan di padankan dengan data NIK di DisDukcapil.

“Harapan saya untuk mencapai target ini adalah adanya sinergitas antara Pemerintah Pusat dalam hal ini diwakili oleh Pusdatin Kesos Kementerian Sosial dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini diwakili oleh Dinas Sosial Kab/Kota dan Dinas Dukcapil Kab/Kota untuk menyelesaikan kegiatan Monitoring Kualitas DTKS sehingga proses pemadanan DTKS dengan NIK Dukcapil dalam rangka mendukung utilisasi NIK pada proses penyaluran Bantuan Sosial dapat selesai 100% pada Tahun ini” tegasnya.


Penulis :
Admin

Bagikan :