|    dtks@kemsos.go.id
Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial (BST, BPNT, PKH)*  
captcha
Daftar Ruta DTKS
*halaman ini hanya memberikan info penerima BST, BPNT, PKH, bukan untuk pendaftaran bansos

Sosialiasi Bimtek SIKS-NG Modul Lembaga Kesejahteraan Sosial

  • Sosialiasi Bimtek SIKS-NG  Modul Lembaga Kesejahteraan Sosial
  • 2
  • 3
  • 5
  • 4
  • 8
  • 10
  • 9
Jumat, 28 Agustus 2020 – Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos) melaksanakan Webinar Sosialisasi Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial – Next Generation  Modul Lembaga Kesejahteraan Sosial (SIKS-NG Modul LKS) yang dihadiri oleh Calon Operator SIKS-NG Modul LKS Dinas Sosial Kabupaten/Kota dan Dinas Sosial Provinsi serta Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) milik Pemerintah Daerah, Swasta dan Kementerian Sosial RI. Kegiatan ini dibuka oleh Joko Widiarto selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sistem dan Teknologi Informasi. Tujuannya untuk memperkenalkan SIKS-NG Modul LKS yang dapat digunakan untuk menginput data klien yang ada di LKS kepada calon operator dan Dinsos Kab/Kota dan Dinsos Provinsi serta LKS itu sendiri. Data klien yang diinput di SIKS-NG Modul LKS ini akan dimasukkan ke dalam Data Terpadu Kesejahetraan Sosial (DTKS), sehingga data klien yang ada dalam DTKS akan menjadi data rujukan pemberian bantuan sosial kepada klien yang ada dalam LKS tersebut. 

Tim Pengarah pada sosialisasi ini adalah Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat (Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial), Direktur Rehabilitasi Sosial Anak, Direktur Rehabilitasi Lanjut Usia dan Direktur Penyandang Disabilitas (Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial) serta Kepala Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial. Adapun peserta yang diundang terdiri dari 34 Dinsos Provinsi, 514 Dinsos Kab/Kota serta Perwakilan tim MAHKOTA.

Materi Sosialisasi Bimbingan Teknis SIKS-NG Modul LKS disampaikan oleh Joko Prayitno (Kepala Subbidang Pengelolaan Sistem), Rudi (Pranata Komputer Pusdatin Kesos) dan Eko Syaputra (Pranata Komputer Pusdatin Kesos). Materi SIKS-NG Modul LKS disampaikan secara langsung oleh Rudi dengan memperlihatkan contoh penggunaan SIKS-NG Modul LKS untuk User ditingkat LKS, User Dinsos Kab/Kota serta keterlibatan Dinsos  Provinsi dalam menentukan proses data klien bisa sampai ke Kementerian Sosial. Adapun materi pendaftaran Bimbingan Teknis online dan offline disampaikan sangat jelas oleh Eko Syaputra sehingga peserta sosialisasi bisa aktif melakukan bimbingan secara mandiri melalui pendaftaran Bimbingan Teknis di website e-serifikat.kemsos.go.id.

Sosialisasi ini diadakan 2 tahap yaitu tanggal 28 Agustus 2020 dan tanggal 31 Agustus 2020 sehingga peserta yang berhalangan hadir pada tahap ke-1 maka bisa mengikuti pada tahap ke-2. Sosialisasi Bimbingan Teknis SIKS-NG Modul LKS ini diharapkan bisa berkelanjutan dan peserta lebih paham dan dapat mempraktekkan sendiri aplikasi SIKS-NG Modul LKS tersebut.

#Kemensos #KemsosRI #PusdatinKesos #KemensosHadir


Penulis :
Admin

Bagikan :