|    dtks@kemsos.go.id

Rapat Perdana Pusdatin Kesos dengan Menteri Sosial RI

Rapat Perdana Pusdatin Kesos dengan Menteri Sosial RI

Jakarta, 28 Oktober 2019 – Rapat Perdana Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial dengan Menteri Sosial RI Bapak Juliari P Batubara, yang dihadiri oleh Sekretaris Jenderal, Staf Ahli Menteri, Inspektur Jenderal, Staf Khusus Menteri dan Kepala beserta seluruh Pejabat Struktural Pusdatin Kesos. Pada kesempatan kali ini, Kepala Pusdatin Kesos Said Mirza Pahlevi menjelaskan tentang SOTK dan Anggaran Pusdatin Kesos Tahun 2019-2020, Peraturan Terkait Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Komponen dan Integritas DTKS, SIKS-NG, Permasalahan data PBI-JK serta Tata Kelola & Layanan Sistem dan TI.

Pada rapat tersebut, salah satu hal yang disoroti oleh Menteri Sosial yaitu verifikasi dan validasi data yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dimana keaktifan daerah tersebut dalam melakukan updating data harus dievaluasi karena akan mempengaruhi kualitas data.

 “Data yang kita miliki harus berkualitas dan eligible/tepat sasaran, cleansing data harus terus dilakukan melalui verifikasi dan validasi data yang dilakukan Pemerintah Daerah.”  ujarnya.

Cleansing data merupakan salah satu isu penting, karena tidak semua Pemda mempunyai dana atau kemauan untuk update data maka pertemuan dengan Kepala Daerah yang tidak aktif tersebut  perlu dilakukan dengan mengundang Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa.

Adapun upaya yang akan dilakukan dalam peningkatan kualitas data diantaranya community based monitoring dimana masyarakat dapat memantau keaktifan Pemda dengan Aplikasi Android (SIKS-DATAKU Android App.), Dinsos bekerjasama dengan desa untuk menggunakan dana desa (perlu sosialisasi dan keaktifan Dinsos) serta mekanisme reward dan punishment jika data diupdate maka jumlah penerima bantuan sosial bertambah dan akan memberikan akses Dashboard kepada Pemda yang telah update lebih dari 50% data (Bappeda dan Dinsos).



Penulis :
Tim Dista

Bagikan :