|    dtks@kemsos.go.id

Pertemuan Kepala Pusdatin Kesos dengan Dinas Sosial Kab. Klaten Terkait Data Penerima Bansos

  • Pertemuan Kepala Pusdatin Kesos dengan Dinas Sosial Kab. Klaten Terkait Data Penerima Bansos
  • 3
  • 2
Yogyakarta, 14 Agustus 2021 – Bertempat di BBPPKS Yogyakarta, Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin Kesos) Agus Zainal Arifin didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Sistem dan Teknologi Informasi (Lasisti) Mardi Brilian Saleh serta tim teknis menerima secara langsung Kepala Dinas Sosial Kab. Klaten beserta jajarannya dalam rangka koordinasi terkait pengelolaan DTKS.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Pusdatin Kesos menyampaikan bahwa saat ini Kementerian Sosial melalui Pusdatin Kesos sedang melakukan pembenahan data dengan melakukan proses perbaikan NIK DTKS yang padan dengan Dukcapil Pusat, usulan baru dan verifikasi kelayakan BNBA bekerjasama dengan Pemerintah Daerah serta memberikan gambaran mekanisme pengelolaan DTKS kedepan. 

Pada kesempatan ini, Dinas Sosial Kab. Klaten juga berkonsultasi terkait data penerima bansos yang bermasalah, mekanisme usulan baru, mekanisme permohonan BNBA DTKS penetapan terbaru, permasalahan/kendala teknis perbaikan data melalui aplikasi SIKS-NG termasuk bagaimana cara mendapatkan user bagi desa/kelurahan agar mereka bisa akses aplikasi untuk melakukan perbaikan data secara langsung.

Disampaikan Kepala Bidang Lasisti bahwa saat ini untuk mendapatkan BNBA DTKS pengesahan terbaru, Dinas Sosial bisa membuat permohonan data kepada Menteri Sosial yang ditandatangani oleh Kepala Daerah. Adapun terkait user, saat ini user yang disediakan untuk melakukan perbaikan data memang hanya untuk supervisor dan pendamping program bansos. User untuk desa/kelurahan sedang disiapkan, kedepan Dinas Sosial akan bisa memberikan user kepada desa/kelurahannya.

Pada akhir pertemuan Kepala Pusdatin Kesos berpesan agar Dinas Sosial benar-benar bisa mengawasi proses penyaluran bansos di daerahnya, jangan sampai terjadi penyelewengan yang dilakukan oleh oknum sehingga menjadi temuan-temuan pemeriksaan KPK, BPK, BPKP, Kepolisian, Kejaksaan Agung maupun Inspektorat.


Penulis :
Admin

Bagikan :