|    dtks@kemsos.go.id

Percepatan Perbaikan Data di Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat

  • Percepatan Perbaikan Data di Kabupaten Subang  Provinsi Jawa Barat
  • 2
  • 1
  • 3
Pusdatin Kesos melakukan kegiatan percepatan perbaikan data di Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat pada tanggal 30 Agustus sampai dengan 1 September 2021 . Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah dalam penyelesaian perbaikan data sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait dan membantu pemerintah daerah mencari solusi akan kendala dalam proses perbaikan data. 

Adapun unsur-unsur yang terlibat antara lain Tim Pusdatin Kesos, dihadiri oleh Dukcapil Kabupaten Subang dan Kepala Dinas Kabupaten Subang sebagai narasumber, didampingi oleh Dinas Sosial Kabupaten Subang, Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat serta diikuti oleh peserta dari Operator desa/kelurahan dan TKSK (pendamping program).

Beberapa temuan lapangan yang dialami dalam proses perbaikan NIK di Kabupaten Subang diantaranya: (1) Terdapat data ganda dan beda penerima bantuan; (2) Penjelasan NIK yang sudah terdaftar di DTKS, bisa dicek di penetapan DTKS terakhir. DTKS dapat diberikan dengan mekanisme permintaan data ditujukan kepada Menteri Sosial dan ditandatangani oleh Kepala Daerah; (3) NIK Invalid dapat langsung diperbaiki pada aplikasi SIKS NG melalui menu perbaikan NIK. Sebelumnya pastikan bahwa NIK tersebut sudah dilakukan sinkronisasi antara Dukcapil daerah ke Dukcapil pusat dan sudah berada di DWH Dukcapil pusat.

Berikut beberapa masukan yang disampaikan dalam pertemuan diantaranya: (1) Koordinator Daerah (Korda) agar diberikan user seperti Supervisor SIKS-NG agar dapat melihat permasalahan data di seluruh desa/kelurahan; (2) Pada menu perbaikan NIK, untuk yang meninggal dunia diusulkan hapus tidak usah diinput NIK nya; (3) NIK yang sudah dipakai orang lain, untuk memperbaikinya agar dibuat menu untuk memperbaiki NIK yang sudah diperbaiki orang lain; (4) Menu pindah wilayah agar dibuka; (5) Menu view data Kesos dan download data DTKS sesuai SK terbaru agar dibuka.



Penulis :
Admin

Bagikan :