|    dtks@kemsos.go.id

Penguatan Kapasitas Aparatur Pemda Dalam Penanganan Fakir Miskin

Penguatan Kapasitas Aparatur Pemda Dalam Penanganan Fakir Miskin

Bali, 16 Oktober 2019 - Kepala Pusdatin Kesos Said Mirza Pahlevi hadir sebagai narasumber pada kegiatan Penguatan Kapasitas Aparatur Pemda Dalam Penanganan Fakir Miskin yang diselenggarakan oleh Direktorat Penanganan Fakir Miskin (PFM) Wilayah II di Golden Tulip Bali, diikuti oleh Kepala Dinas Sosial dari 12 Provinsi dan 87 Kepala Dinas Sosial Kab/Kota.

Pada kesempatan ini, Kepala Pusdatin Kesos menyampaikan materi tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Dijelaskan bahwa berdasarkan UU nomor 13 tahun 2011 maka seluruh program pelayanan sosial atau bantuan sosial harus bersumber dari data terpadu. Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang tertuang dalam Permensos No. 5 Tahun 2019 menjadi dasar acuan dalam melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial sehingga perlu dikelola dengan baik dan akurat.

“Bagaimana cara mengubah data agar menjadi akurat? Hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu dengan pendataan dilapangan, lakukan verifikasi (proses pemeriksaan data), lakukan validasi (pengesahan data), lakukan penetapan data dan yang terakhir lakukan penggunaan data” ujar Kepala Pusdatin Kesos.

Penggunaan DTKS oleh Pemda dilakukan dengan mengajukan permohonan secara tertulis kepada Menteri Sosial  melalui dinas/instansi yang menyelenggarakan urusan kewenangan di bidang sosial sehingga diharapkan DTKS ini digunakan sebagai sumber data utama dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial agar dapat dilaksanakan secara terarah, terpadu dan berkelanjutan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).



Penulis :
Tim Dista

Bagikan :