Pendampingan DTKS Percepatan Perbaikan Data di Dinas Sosial Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan

  • Pendampingan DTKS Percepatan Perbaikan Data di Dinas Sosial Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan
  • 2
  • 4
  • 3
  • 5
  • 7

Dalam rangka meningkatkan kualitas DTKS, Pusdatin Kesos melakukan pendampingan ke Kabupaten/Kota untuk memastikan integritas data yang menjadi salah satu faktor ketepatan sasaran penerima bantuan sosial. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus – 2 september 2021 di Ruang Rapat Dinas Sosial Kota Makassar ini dilakukan dengan metode diskusi panel yang diawali dengan pemaparan dari Narasumber dari Dinas Sosial dan Dinas Dukcapil. Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi dengan peserta yang terdiri dari operator, Pendamping PKH, Pendamping dan TKSK.

Narasumber Dra. Hartati ,M.Si selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten. Pendamping Daerah terdiri dari Firman Arfanda, S.ST, M.Si selaku Analis Perencana Dinas Provinsi Sulawei Selatan; Hatma, S.Sos selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Penelitian Dinas Sosial Kota Makassar; Supardi, S. Tr. SOs sebagai Supervisor Dinas Sosial Kota Makassar; serta Rivaldi Amir, S.I Pem selaku Tenaga Operator    SIKS-NG DTKS Dinas Sosial Kota Makassar.  Pendamping Program dan Operator yaitu sebanyak 10 orang.

Tujuan kegiatan ini adalah mendorong Dinas Sosial melakukan percepatan perbaikan NIK di DTKS, memberikan penjelasan teknis mengenai tata cara perbaikan data melalui  aplikasi SIKS-NG dan mendorong koordinasi dan komunikasi yang lebih baik lagi antara Dinas  Sosial dan Dinas Dukcapil setempat.

Temuan Lapangan/hambatan pada saat melakukan audiensi dengan Sekretaris Dinas Sosial Kota Makassar  terdapat beberapa hal yang menjadi kendala dalam melakukan perbaikan NIK di Kota Makassar diantaranya Dinas Sosial belum membuat User Perbaikan NIK di setiap kelurahan se- Kota Makassar karena belum adanya pejabat Defenitif di Dinas Sosial Kota Makassar dan Dinas Sosial Kota Makassar sedang fokus penyaluran Bantuan Sosial   Beras.

Hal-hal yang mendukung perbaikan NIK, antara lain : Tim Pusdatin Kesos melakukan bimbingan teknis aplikasi SIKS NG Menu Perbaikan Data, dan sosialisasi Aplikasi Cek Bansos – Usul Sanggah kepada para Operator SIKS-NG Kota Makassar dan TKSK Kota Makassar.




Penulis :
Admin

Bagikan :