Pendampingan DTKS Percepatan Perbaikan Data di Dinas Sosial Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat

  • Pendampingan DTKS Percepatan Perbaikan Data di Dinas Sosial Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
Jakarta, 10 September 2021, Berlokasi di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Manokwari pada tanggal 25 - 29 Agustus 2021 Pusdatin Kesos melaksanakan pendampingan  perbaikan NIK memastikan integritas data yang menjadi salah satu faktor ketepatan sasaran penerima bantuan sosial. Tujuan kegiatan ini untuk mendorong Dinas Sosial melakukan percepatan perbaikan NIK di DTKS.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode diskusi yang diawali dengan pemaparan dari Narasumber Kepala Dinas Sosial yang memaparkan progress perbaikan data di Kabupaten Manokwari. Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi dengan peserta yang terdiri dari operator Dinas Sosial Kabupaten Manokwari, Pendamping PKH, TKSK seluruh distrik di Kabupaten Manokwari, Koordinator Kabupaten, Koordinator Wilayah, penjelasan teknis aplikasi dari tim Pusdatin, praktik input data ke aplikasi SIKS-NG, praktik cara input melalui excel. Selanjutnya tim Pusdatin dengan Dinas Sosial Kabupaten Manokwari melakukan koordinasi dengan Disdukcapil setempat.  

Temuan Lapangan/hambatan dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa secara umum proses perbaikan data di Kabupaten Manokwari kurang maksimal, operator dan para pendamping program belum cukup memahami menu pengusulan dan tata cara perbaikan NIK serta mengalami keraguan ketika usul hapus, ditakutkan data yang diusulkan hapus untuk NIK dan Nama mirip akan menghapuskan data penerima bansos/DTKS, sehingga akan menimbulkan polemik di Kabupaten Manokwari sendiri.

Berdasarkan permasalahan yang terjadi, dilakukan tindak lanjut sebagai diantaranya dalam beberapa hari ini Korda dan TKSK melakukan input pengusulan dan perbaikan NIK melalui excel dibantu oleh operator SIKS-NG Dinsos dan tim Pusdatin; Dinas Sosial sudah berkoordinasi dengan Disdukcapil setempat, selanjutnya Dinas Sosial dan Disdukcapil akan melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) sehingga kedepan ketika perbaikan dapat dilakukan pengecekan secara langsung.

Perbaikan data yang harus diperbaiki untuk Kabupaten Manokwari sebanyak 56.869 data. Laporan monitoring progress perbaikan data selama 4 hari telah berhasil melakukan input pengusulan sebanyak  2.617 KPM dan yang berhasil masuk sebanyak 1.693 KPM di aplikasi SIKS-NG; Gagal Struktur NIK tidak Valid sebanyak 913 KPM (dinsos sedang melakukan perbaikan); dan belum Padan dukcapil sebanyak 11 KPM.

Kegiatan ini dihadiri oleh Muhamad Mansyur selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Manokwari sebagai narasumber. Pendamping daerah: (1) Dadang Abdul Mochamad Hasan selaku APD PKH Provinsi Dinas Sosial Provinsi Papua Barat, (2) Ari Airon Zakeus Kareth selaku Korda PKH Dinas Sosial Kabupaten Manokwari, (3) Ade Rodiman selaku Kasubag Program dan Data Dinas Sosial Kabupaten Manokwari, (4) Oskar Johan Parairawai selaku Korda BPNT Dinas Sosial Kabupaten Manokwari,


Penulis :
Admin

Bagikan :