|    dtks@kemsos.go.id
Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial (BST, BPNT, PKH)*  
captcha

*halaman ini hanya memberikan info penerima BST, BPNT, PKH, bukan untuk pendaftaran bansos

Koordinasi Kemensos RI dan Kemendagri RI Terkait Pemutakhiran DTKS 2021

  • Koordinasi Kemensos RI dan Kemendagri RI Terkait Pemutakhiran DTKS 2021
  • 2
  • 4
  • 3
Senin. 23 November 2020 – Dalam rangka persiapan dan pelaksaaan pemutakhiran DTKS 2021 Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI Hartono Laras didampingi oleh Kepala Pusdatin Kesos Said Mirza Pahlevi dan Kepala Bidang Pengelolaan Data Bambang Krido Wibowo melakukan koordinasi dengan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Prof. Zudan Arif Fakrulloh di ruangan beliau yang didampingi oleh Direktur dan staf Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK).

Dalam pertemuan tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial menjelaskan bahwa Pemutakhiran DTKS tahun 2021 dimaksudkan untuk memperoleh DTKS yang realible, mutakhir dan valid sesuai perluasan cakupan data  untuk mendukung transformasi perlindungan sosial dengan mengecek status dan keberadaan rumah tangga DTKS, mengecek keakuratan dan kelengkapan variabel rumah tangga DTKS, memperbaiki dan melengkapi data rumah tangga DTKS dan menampung usulan baru untuk rumah tangga DTKS melalui kegiatan forum musyawarah di tingkat kelurahan/desa serta melaksanakan validasi atas data usulan baru rumah tangga DTKS. Oleh karena itu Kementerian Sosial membutuhkan dukungan dari Kementerian Dalam Negeri dalam bentuk kerjasama pertukaran/pemadanan DTKS dengan Data Dukcapil untuk persiapan prelist Pemutakhiran DTKS 2021.

Hal ini disambut baik Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, beliau menyampaikan komitmen untuk mendukung penuh pelaksanaan pemutakhiran DTKS 2021 dengan pemadanan NIK. Kerjasama pertukaran/pemadanan DTKS dengan Data Dukcapil ini sudah berjalan baik, dari tahun 2019 hingga saat ini. Namun demikian pihaknya akan memberikan penambahan jumlah akses ke Data Dukcapil dari Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG).


Penulis :
Admin

Bagikan :