|    dtks@kemsos.go.id
Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial (BST, BPNT, PKH)*  
captcha
Daftar Ruta DTKS
*halaman ini hanya memberikan info penerima BST, BPNT, PKH, bukan untuk pendaftaran bansos

Kegiatan Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Deli Serdang

  • Kegiatan Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial  di Kabupaten Deli Serdang
  • 16032484131465
  • 16032484139769
  • 16032484134155
  • 16032484024207

Rabu, 21 Oktober 2020 – Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial telah diamanatkan dalam Permensos Nomor 5 dan Permensos Nomor 11 Tahun 2019. Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang melalui Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang telah menyusun perencanaan verifikasi dan validasi DTKS pada tahun 2018. Tahun Anggaran 2019 Pemerintah Dearah Kabupaten Deli Serdang telah menganggarkan dalam APBD guna pelaksanaan Verifikasi dan Validasi DTKS yang tidak valid. Berikut pelaksanaan yang telah disusun dengan matang, sebagai berikut :

  1. Rapat awal sebagai persiapan, dipimpin oleh Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang pada tanggal 29 Agustus 2019, yang dihadiri oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin,  Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, 42 orang Pendamping PKH, 7 orang Operator PKH dan 5 orang staf Dinas Sosial. Pertemuan ini dilaksnakan di Aula Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang, dan berjalan dengan lancer.
  2. Bimbingan Teknis bagi petugas Verifikasi dan Validasi diikuti oleh Pendamping PKH agar dapat melakukan Verifikasi dan Validasi sesuai dengan ketentuannya, dengan Narasumber Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Kepala Seksi Pendataan, Operator SIKS NG, dilakukan pada tanggal 28 agustus 2019.( Kegiatan berjalan dengan lancar).
  3. Sosialisasi Kegiatan Verifikasi dan Validasi Data DTKS dilakukan Oleh petugas Pendamping PKH Ke Kecamatan dan Desa sesuai dengan wilayah kerja masing – masing.
  4. Pelaksanaan Kegiatan pencacah data yang dilakukan oleh pendamping PKH ke wilayah masing- masing yang telah di tetapkan.
  5. Rapat pada tanggal 8 November 2019 dalam rangka koordinasi terhadap petugas yang di lapangan, untuk melihat progress yang di capai.

Tujuan dari pelaksanaan Verifikasi dan Validasi DTKS ini adalah agar Kabupaten Deli Serdang memiliki Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang Valid Dan DTKS yang telah disahkan oleh Kementrian Sosial RI yang selanjutnya menjadi dasar pengambilan kebijakan daerah dalam penanganan kemiskinan oleh OPD dan lembaga penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Adapun hasil yang dicapai dalam pelaksanaan Verifikasi dan Validasi DTKS yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melalui Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang diantaranya :

  1. Data yang tercapai dalam Verifikasi dan Validasi tahun 2019 (baik terhadap DTKS yang ada maupun usulan baru) sebanyak 16.482 KK, yang telah disahkan pada tanggal 21 Januari 2020. DTKS Kabupaten Deli  Serdang yang ditetapkan Kementrian tahun 2019 sebanyak 123.020 KK, dan saat ini tahun 2020 jumlah DTKS Kabupaten Deli Serdang sebanyak 123.412 KK.
  2. Setiap Kepala Desa, BPD, Lurah, Ketua RW mampu memahami dan melaksanakan Musdes/Muskel pemutahiran Data mengingat pentingnya data kemiskinan yang valid sehingga semua program pembangunan penanganan kemiskinan tidak salah sasaran.
  3. Pemerintah Daerah dari tingkat Kabupaten sampai dengan Desa dan Kelurahan diberi kesempatan untuk melaksanakan perbaikan dan pengesahan sehingga apa yang diputuskan menjadi keputusan yang benar - benar  terbaik. Musyawarah Desa terhadap hasil verifikasi harus bisa menjadi tempat memutuskan jumlah keluarga miskin.
  4. Dinas Sosial akan segera melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan verifikasi dan validasi serta pelaksanaan musyawarah desa dan musyawarah kelurahan.
  5. DTKS yang sudah mendapatkan pengesahan, akan menjadi pedoman pada setiap program di OPD-OPD dalam penanganan kemiskinan sehingga Kabupaten Deli Serdang akan tertib administrasi penanganan kemiskinan dan tepat sasaran, setiap kepala desa/lurah tidak mengalami kesulitan karena telah memiliki DTKS yang sah.
  6. Percepatan penurunan kemiskinan bergerak secara teratur dan terarah dengan acuan DTKS yang Valid.
  7. Dinas Sosial akan mengarahkan Pemerintah Desa/Kelurahan untuk membentuk PUSKESOS sebagai sarana terpadu dalam verifikasi data DTKS di Desa/Kelurahan.
  8. Dinas Sosial akan lebih mengoptimalkan PSKS dilapangan terkhusus petugas SLRT dalam memantau perkembangan perubahan DTKS.
  9. Untuk tahun 2020 Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang tidak menganggarkan secara khusus untuk Verifikasi dan Validasi data secara mandiri dan diinput secara offline, mengingat di Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang juga dibuka unit pelayanan SLRT yang setiap hari masyarakat berdatangan untuk mendaftar masuk ke DTKS.
  10. Belajar dari pengalaman Bencana COVID-19 yang pada akhirnya banyak bantuan yang sosial yang disalurkan berdasarkan DTKS, maka Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang mengajukan anggaran yang lebih maksimal untuk penjaringan dan Verifikasi Data DTKS di Kabupaten Deli Serdang pada tahun 2021 sehingga diharapkan data DTKS Deli Serdang lebih Valid.

Demikian kegiatan Verifikasi dan Validasi DTKS di Kabupaten Deli Serdang yang telah kami lakukan. Mudah - mudahan kami bias melaksanakan amanat UU dan Permensos dengan baik dan lancer tanpa ada hambatan apapun.


Penulis : Drs. HENDRA WIJAYA

Jabatan : KEPALA DINAS SOSIAL KABUPATEN DELI SERDANG




Penulis :
Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang

Bagikan :