|    dtks@kemsos.go.id

Kabupaten Lahat Melaksanakan Verifikasi dan Validasi DTKS

Kabupaten Lahat Melaksanakan Verifikasi dan Validasi DTKS
Selasa, 25 Agustus 2020 - Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial telah diamanatkan dalam Permensos Nomor 5 dan Peremensos Nomor 11 Tahun 2019. Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat melalui Dinas Sosial Kabupaten Lahat telah menyusun perencanaan verifikasi dan validasi DTKS pada tahun 2019. Tahun Anggaran 2020 Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat telah menganggarkan dalam APBD-nya guna pelaksanaan Verifikasi dan Validasi DTKS. Jadwal pelaksanaan telah disusun dengan matang, sebagai berikut :

  1. Rapat awal sebagai persiapan, yang langsung dipimpin oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat pada tanggal 18 Maret 2020, yang dihadiri oleh semua Camat berjumlah 24 kecamatan, Ketua Forum Kepala Desa berjumlah 24 orang, 17 Lurah se-Kabupaten Lahat. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan Pariwisata Kabupaten Lahat. (Kegiatan ini bisa terlaksana dengan lancar).
  2. Bimbingan Teknis bagi petugas verifikasi dan validasi kecamatan (TKSK dan PSKS/pendamping PKH berjumlah 48 orang dan 20 orang staf dinas sosial), tanggal 1 sd. 3 April 2020. (kegiatan ini gagal/tertunda karena ada larangan kumpul akibat covid-19).
  3. Anggaran (APBD) verifikasi dan validasi DTKS terkena REFOCUSING, sehingga anggaran berkurang. Akan tetapi dimasukan kembali pada anggaran perubahan dan ada penambahan anggaran.
  4. Setelah Pemerintah Daerah memberikan izin untuk melanjutkan kegiatan ini kami menyusun kembali jadwal, sebagai berikut :
    1. Bimbingan Teknis Verifikasi dan Validasi DTKS bagi TKSK dan PSKS (TKSK dan Pendampng PKH/PSKS serta staf dinas sosial), tanggal 16 sd. 18 Juli 2020 dalam 2 angkatan dilaksanakan di Hotel Bukit Serelo Lahat.
    2. Narasumber :
      • Bappeda Lahat,
      • Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim, yang sudah melaksanakan verifikasi dan validasi DTKS),
      • Dinas Sosial Kabupaten Lahat.
    3. Sosialisasi Verifikasi dan Validasi DTKS di setiap kecamatan. Dilaksanakan di 24 kecamatan dengan peserta 360 kepala desa, 360 ketua BPD, 17 lurah dan 17 ketua RW, unsur kecamatan. 

TUJUAN :

  1. Kabupaten Lahat memiliki DTKS yang valid dan DTKS yang telah di sahkan oleh Kementerian Sosial RI.
  2. Kabupaten Lahat memiliki DTKS yang menjadi dasar pengambilan kebijakan daerah dalam penanganan kemiskinan oleh OPD dan lembaga penyelenggaraan kesejahteeraan sosial.


HASIL YANG DICAPAI :

Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Sosial Kabupaten Lahat dalam pelaksanaan verifikasi dan validasi DTKS berharap :
  1. Setiap Kepala Desa, BPD, Lurah, Ketua RW mampu memahami dan melaksanakan pentingnya data kemiskinan yang valid sehingga semua program pembangunan penanganan kemiskinan tidak salah sasaran.
  2. Pemerintah Daerah dari tingkat Kabupaten sampai dengan Desa dan Kelurahan diberi kesempatan untuk melaksanakan perbaikan dan pengesahan sehingga apa yang diputuskan menjadi keputusan yang benar-benar  terbaik. Musyawarah Desa terhadap hasil verifikasi harus bisa menjadi tempat memutuskan jumlah keluarga miskin.
  3. Dinas Sosial akan segera melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan verifikasi dan validasi serta pelaksanaan musyawarah desa dan musyawarah kelurahan.
  4. Dinas Sosial berharap hasil verifikasi dan validasi sudah bisa diketahui secara kabupaten paling lambat bulan November 2020 dan selanjutnya dikirim ke Pusdatin melalui aplikasi yang ada.
  5. DTKS yang sudah mendapatkan pengesahan, akan menjadi pedoman pada setiap program di OPD-OPD dalam penanganan kemiskinan sehingga Kabupaten Lahat akan tertib administrasi penanganan kemiskinan dan tepat sasaran, setiap kepala desa/lurah tidak mengalami kesulitan karena telah memiliki DTKS yang sah.
  6. Percepatan penurunan kemiskinan bergerak secara teratur dan terarah dengan tetap DTKS akan diadakan perbaikan-perbaikan.
  7. Dinas Sosial akan segera memfungsikan PSKS di lapangan dan memfungsikan SLRT dalam memantau perkembangan perubahan DTKS.

Demikian kegiatan verifikasi dan validasi DTKS di Kabupaten Lahat yang mudah-mudahan kami bisa melaksanakan amanat UU dan Permensos dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan apapun.

Penulis : SAIFUDIN, SE.
Jabatan : Penyuluh Sosial Muda-Dinas Sosial Kabupaten Lahat



Penulis :
Dinas Sosial Lahat

Bagikan :