|    dtks@kemsos.go.id
Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial (BST, BPNT, PKH)*  
captcha

*halaman ini hanya memberikan info penerima BST, BPNT, PKH, bukan untuk pendaftaran bansos

Dinas Sosial& P3A Kab. Luwu Timur Menerima Kunjungan Kerja Anggota DPRD Kab. Parigi Moutong

  • Dinas Sosial& P3A Kab. Luwu Timur  Menerima Kunjungan Kerja Anggota DPRD Kab. Parigi Moutong
  • 2
  • 3
Jumat, 2 Oktober 2020 - Bertempat di Ruang Rapat Dinas Sosial & PA Kab. Luwu Timur pada hari Jumat tanggal 25 September 2020 menerima Kunjungan Kerja DPRD Kab. Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah untuk berkonsultasi terkait Penanganan JPS Covid, PBIJK, DTKS, Penanganan Kekerasan terhadap anak selama masa Pandemi Covid dan Pelaksanaan Kab. Layak Anak di Kabupaten LuwuTimur.
Rombongan DPRD Kab. Parigi Moutong sejumlah 8 orang antara lain, Nurasiah S.P, Drs. H.Masrin M. Said, S.Pi, Abdun Hamdu, Mohammad Fadli, S.Pd, Yandra, Helmit Paudi, S.Sos., M. Solikhin, Wayan Murtama dan Rusno.

Mewakili Kepala Dinas Sosial & P3A  Kab. Luwu Timur, Kabid PPA  Julaeha Talib, A.Md. menerima rombongan tersebut dan menjelaskan bahwa Kabupaten Luwu Timur telah 2 kali berturut-turut mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Predikat Utama 2019 dan Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Predikat Pratama 2019. Selama Pandemi Covid 19 beberapa kasus kekerasan terhadap anak ditangani dengan baik, salah satunya adalah Kasus pemberian minuman keras kepada anak usia 5 tahun yang sempat viral di media sosial.
Terkait penanganan JPS Covid, Catur Dian S., Msi (Kabid Linjamsos) menjelaskan “dari anggaran APBD Propinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur telah menyalurkan 1000 Paket Sembako JPS Covid kepada warga terdampak Covid dan warga yang terdata dalam DTKS, dari APBD Kabupaten Dinas Sosial& P3A telah mendistribusikan JPS Covid kepada warga terdampak kesehatan sebanyak 1.082 paket dari 1.750 paket yang disiapkan. 

Sampai dengan Agustus 2020, jumlah keluarga yang tersentuh bantuan sosial sejumlah 45.819 (53 %) terdiri dari PKH, Sembako/BPNT, BST, dan BLT DD.

Mengenai DTKS dan PBIJK, sebagaimana dijelaskan oleh Arham Alqaf, S.IP (Supervisor DTKS/SIKS-NG) “Dalam hal keaktifan Verifikasi dan Validasi DTKS, per Januari 2020 Kab. Luwu Timur berada pada peringkat 3 Nasional Kabupaten paling aktif melakukan Pemutakhiran DTKS dengan akumulasi perbaikan data sebesar 94 %”. Pada Periode Agustus 2020 kembali melakukan finaslisasi validasi DTKS sejumlah 92 %. Karena keaktifan pemutakhiran DTKS tersebut, maka pada Juni 2020 usulan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur untuk mengalihkan pembiayaan JKN dari APBD Kabupaten ke APBN (PBI-JK) sejumlah 29.000 jiwa dipenuhi oleh Kementerian Sosial RI, sehingga menghemat APBD Luwu Timur senilai Rp. 1.218.000.000,-/bulan.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa sejak tahun 2017 Pemerintah Kab. LuwuTimur telah melaksanakan Universal Health Coverage (UHC) yang menjamin agar seluruh masyarakat Kab. Luwu Timur memiliki akses Jaminan Kesehatan yang bermutu. Per September 2020, dari 300.374 Jiwa Penduduk Kab. Luwu Timur, 96,12 % (288.711 Jiwa) adalah peserta JKN, dengan kompisisi, 36,82 % atau 106.295 Jiwa PBI APBN, 41,21% atau 118.982 jiwa (PBI APBD), 15,79% atau 45.585 PPU dan selebihnya 6,2 % adalah PBPU dan BP.

“Atas arahan pimpinan daerah,  dukungan dari DPRD dan Kerjasama seluruh OPD, Kecamatan dan Desa serta seluruh masyarakat, keberhasilan pembangunan Luwu Timur terutama dalam Pelayanan Kesejahteraan Sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dapat terlaksana dengan baik”, Rahmat R, S.Sos.,Kabid. Rehabilitasi Sosial menutup paparan.

Dari pertemuan tersebut, Rombongan DPRD Kab. Parigi Moutong sangat mengapresiasi upaya-upaya dan kebijakan terkait pelaksanaan Kesejahteraan Sosial Pemerintah Daerah Kab. Luwu Timur terutama dalam Penanganan JPS Covid, DTKS, PBI-Jk dan penanganan kekerasan terhadap anak serta KLA. Hal tersebut akan menjadi salah satur eferensi dalam pelaksanaan JPS Covid dan Kesejahteraan Sosial di Kab. Parigi Motong.


Penulis :
Dinas Sosial & P3A Luwu Timur

Bagikan :